Manajemen Infrastruktur

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

PENGENALAN
Kenapa Manajemen Aset Infrastruktur
Semua ekonomi modern didasarkan pada luasnya infrastruktur jalan dan sistem transportasi lainnya, penyediaan air, penanganan sampah, energi, telekomunikasi, tempat rekreasi dan property. Infrastruktur dari sebuah negara mendukung kehidupan modern dan merupakan karunia sampai salah satu gagal berfungsi atau level layanan yang tidak sesuai yang diharapkan.

Infrastruktur menggambarkan investasi yang sangat besar selama berpuluh-puluh tahun atau bahkan lebih. Hal ini menjadi dasar untuk mengaplikasikan keterampilan manajemen untuk myakinkan semua bahwa hal ini akan menyediakan pelyanan ekonomi secara berkelanjutan.

Tapi ada alasan-alasan mendesak untuk membuat yakin bahwa cara yang terbaiklah yang digunakan untuk infrastruktur nasional kita, antara lain :
1. Jaringan infrastruktur menyediakan platform untuk pembangunan ekonomi dan sosial.
Sebelum sebuah negara membangun ekonominya, maka mereka membutuhkan infrastruktur dasar yang menyediakan pondasi untuk distribusi barang dan jasa yang efisien, yang antar alain adalah transportasi, telekomunikasi, energi, penyediaan air dan sanitasi.
2. Infrastruktur yang berkualitas baik adalah landasan dari kesehatan dan keamanan masayarakat.
Secara umum telah diketahui bahwa pembangunan dari penyediaan air bersih yang aman, penanganan sampah merupakan faktor terbesar dalam menjaminkesehatan dalam sebuah komunitas dan akan memperpanjang masa hidup. Jaringan komunikasi menjadi bagian yang penting dalam masyarakat karena kegunaanya ketika ada keadaan darurat.
3. Manajeman Resiko akan membuat pengembalian yang aman untuk jangka panjang kepada pemegang saham.
Pendapatan jangka pendek harus diimbangi dengan oleh rasa aman dalam jangka panjang. Dengan demikian pengetahuan dan penghitungan resiko biaya sangat dibutuhkan untuk diberitahukan untuk pengambilan keputusan oleh stakeholder.
4. Aset infrastruktur dan properti dan tempat rekreasi dan kebutuhan masyarakat yang lain
Taman dan tempat terbuka telahmenyediakan tempat untuk rekreasi untuk masyarakat, sementara gedung disediakan untuk perayaan dan pertemuan, mendapatkan informasi dan akses ke sumber daya masyarakat dan untuk menikmati kegiatan kesenian dan kebudayaan. Infrastruktur yang lain seperti jaringan telekomunikasi telah menjadi media untuk berinteraksi, penyaluran hobi dan rekreasi umum.
5. Benchmark untuk kondisi dan kinerja akan menaikkan inovasi dan efisiensi
Dengan membuat benchmark dari aktivitas Asset Management pad aorhganisasi jaringan dan membangun sebuah rencana manajemen aset yang menghubungkan kondisi dan kinerja jaringan pada saat ini maupun di masa yang akan datang. Hal ini akan membuat sebuah dasar untuk menggalakan inovasi melalui kontrak manajemen fasilitas yang berdasarkan kinerja.

Dengan demikain maka jaringan infrastruktur tidak hanya menyediakan sebuah platform esensial untuk kemajuan ekonomi, tapi juga akan meningkatakn bidang lain seperti hiburan, kesenian dan kebudayaan yang akan mendukung keharmonisan masyarakat.
Apa itu Aset Infrastruktur
Aset Infrastruktur ada merupakan sistem yang tidak bergerak (ata dapat berupa jaringan) yang melayani komunitas tertentu dimana secara keseluruhan sistem akan di pelihara untuk selalu berada pada level layanan tertentu dengan penggantian atau pembaruan pada komponen-komponennya.

Apa itu Manajemen Aset Infrastruktur

Tujuan dari manajemen aset infrastruktur adalah untuk mencapai level layanan yang dibutuhkan dengan cara yang paling efisien dalam biaya dengan pengadaan, akuisisi, maintenance, operasi, rehabilitasi dan pemberhentian aset-aset untuk konsumen saat ini dan dimasa yang akan datang.

Komentar

Postingan Populer